Cara Print Gambar Ukuran Besar di Excel

Kebanyakan printer yang dimiliki masyarakat Indonesia memiliki batas maksimal ukuran kertas A4. Batasan ini jelas menyulitkan kita yang ingin mencetak gambar berukuran besar misal untuk pamflet dan poster.

Membeli printer besar jelas bukan pilihan yang tepat, harga mahal ditambah lagi jarang diperlukan untuk sehari hari adalah alasannya. Solusi terbaik adalah mencari tempat percetakan, tetapi jasa satu ini biasanya hanya dapat ditemukan di perkotaan. Terus bagaimana cara print gambar ukuran besar namun tak perlu menguras dompet?

Jawabannya adalah mencetak gambar dalam beberapa bagian yang kemudian bisa disatukan menjadi gambar besar sesuai dengan yang diinginkan. Gimana cara melakukannya? Simpel dengan bantuan software seperti corel draw, excel ataupun photoshop. Proses pencetakan tentu bisa pakai kebanyakan printer.

Cara Print Gambar Besar Menjadi Beberapa Bagian

Artikel ini akan membahas cara print gambar ukuran besar di excel. Aplikasi yang murah sekali harga lisensinya dan pasti sudah terinstall di pc dan laptop milik masyarakat Indonesia.

Software yang digunakan dalam tutorial ini adalah excel dari Office 365, untuk excel versi sebelumnya kurang lebih masih sama. Gambar yang dilampirkan berbahasa Indonesia, untuk Inggris menyesuaikan. Ok, tanpa perlu berbasa basi lagi, berikut ini cara mencetak poster besar di Microsoft Excel.

1. Buka Excel, buka lembar kerja baru.
2. Pilih Tab "Tata Letak Halaman (Page Layout)". Langkah selanjutnya adalah klik "Pengaturan Halaman (Page Setup)". Caranya klik kotak kecil di pojok kanan bawah seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di bawah ini.
3. Akan muncul jendela baru berisi menu Pengaturan/Penyetelan Halaman, fokus ke tab "Halaman (Page)".
Kita fokus ke pilihan orientasi, kalau gambar yang diprint melebar kesamping sebaiknya pilih landscape (lanskap) sedangkan kalau memanjang kebawah pilihlah portrait (potret). Ukuran kertas dan kualitas cetak bisa disesuaikan kebutuhan.

4. Selanjutnya pindah ke tab "Margin", margin atas bawah kanan kiri cukup disetting 1 saja.  Potongan dari masing masing gambar ditaruh tepat di tengah dengan mencentang "secara horizontal (horizontally)" dan "secara vertikal (vertically)".
Tinggal klik OK

5. Mari kita masukkan gambar berukuran besar yang ingin dicetak dengan Microsoft Excel. Pilih Tab "Sisipkan (Insert)" lalu "Gambar (Picture)" dan pilih gambar yang bakal diprint.
6. Gambar masuk ke lembar kerja excel, jika gambar teman teman lebih besar dari A4 (210 x 297 milimeter) pasti akan menjadi beberapa lembar. Jika poster tersebut kalian bikin sendiri disarnakan diedit dulu sesuaikan saja dengan ukuran A4 kali berapa gitu.

Gambar yang kotakatok.com gunakan bisa jadi 4 lembar pakai orientasi lanskap dan bisa jadi 6 lembar kalau potret. So, jika terlihat kurang pas bisa mengubah lagi "Penyetelan Halaman" di langkah 3, Pilih yang paling hemat kebutuhan kertasnya. Misal saja gambar di bawah ini lebih cocok dibikin landscape karena hanya membutuhkan empat lembar.
Lakukan zoom out sampai keseluruhan gambar terlihat, agar lebih mudah menatanya. Kalau dirasa ukuran dari potongan gambar kurang memuaskan, bisa diperbesar ataupun diperkecil dengan mengeser lingkaran di pinggir gambar.
Kalau diperbesar sebaiknya jangan terlalu besar ditakutkan nanti hasil cetak terlihat pecah. Kuncinya sesuaikan dengan kualitas gambar yang ingin dicetak.
Setelah puas tinggal klik Ctrl+P untuk print, untuk pengaturan masih sama dengan proses print pada umumnya. Pastikan tinta printer anda cukup karena biasanya cetak poster (gambar berwarna) butuh banyak tinta.

Apabila terjadi error saat print ketika mencetak misal printer tidak terdeteksi bisa cek artikel sebelumnya Cara mengatasi printer tidak terdeteksi di excel.

Kelemahan terbesar dari trik ini adalah kita harus menggabungkan bagian kecil gambar menjadi utuh, jadi kadang terlihat kurang rapi. Jadi hanya cocok digunakan untuk keperluan tugas sekolah ataupun acara kecil. Kalau untuk skala bisnis ya wajib menggunakan jasa percetakan poster.

Kebanyakan yang menggunakan metode print ini adalah mereka yang akan membuat papan nama. Metodenya simpel, cukup cetak gambar di kertas yang agak tebal lalu gunakan cutter untuk melubangi kertas. Tempelkan kertas pada papan lalu gunakan cat untuk membuat huruf. Setelah kering tinggal lepas kertas cetakan. Selesai.

Itulah Cara Print Gambar Ukuran Besar di Excel. Kunci dari metode ini adalah pengaturan halaman baik itu orientasi gambar, margin dan besar kecilnya gambar yang akan dicetak. Sekian artikel dari katokotak.com, semoga bermanfaat.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2020

KatoKotaK