Up Time Komputer Tidak Reset Setelah Dimatikan? Ini Solusinya

Counter up time yang lebih dari 1 hari (seperti gambar di atas) pasti dapat membuat kita kaget dan mungkin panik. Apalagi kalau sebenarnya baru menyalakan komputer beberapa menit yang lalu. Apakah tadi salah shutdown komputer? Atau rusak?

Kebanyakan orang pasti akan mencoba mematikan dan nyalakan PC lagi, pasti hasilnya 100% gagal. Memang bukan itu sumber masalahnya, berikut ini penyebab sekaligus 3 cara mengatasi up time yang tidak reset setelah dimatikan.

Penyebab Up Time Tidak Kembali ke 0

Penghitung waktu komputer menyala yang tidak balik nol disebabkan karena fitur Fast Startup. Sadarkah saat menghidupkan komputer tadi, proses booting sangat cepat (kurang dari 1 menit)?

Fast Startup merupakan campuran dari shutdown dan hibernate, komputer akan menyimpan beberapa file sistem penting dalam cache sehingga proses start up lebih cepat. Jadi saat di-shutdown sebenarnya komputer tidak sepenuhnya mati, inilah mengapa up time counter tidak tereset.

Fitur ini sudah dikenalkan di Windows 8 dan sekarang di Windows 10 update terbaru dijadikan pengaturan default. Tidak heran jika banyak dari kita yang tidak sadar telah menggunakan Fast Startup. Untuk memahami masalah fast startup silahkan baca di windowscentral.com

Cara Mengatasi Up Time Tidak Reset di Windows 10

Ada 3 metode yang sudah terbukti sukses menyelesaikan masalah ini,

1. Complete Shutdown
Agar kembali ke nol kita harus full mematikan Windows sepenuhnya tanpa menyimpan cache file sistem penting, untuk melakukannya dapat menggunakan CMD dengan perintah "shutdown /s /f /t 0" seperti gambar di bawah ini,
Command di atas memerintahkan Windows untuk segera shutdown dan menutup paksa semua aplikasi yang sedang dibuka.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk full shutdown adalah klik logo Windows, klik power dan pilih shutdown sambil menekan tombol Shift.

2. Restart
Salah satu metode untuk mengembalikan hitungan waktu nyala ke 0 adalah restart. Cukup klik logo Windows di pojok kiri bawah, klik power dan pilih restart. Tunggu beberapa menit dan pasti up time sudah nol.

3. Mematikan Fast Startup
Walaupun terbukti mempercepat booting tapi ada juga masalah karena gara gara fast startup. Sebut saja fitur Wake-on-LAN yang tidak dapat bekerja, file cache yang memenuhi HDD atau pengguna Linux yang mengeluhkan ada konflik dual boot.

Untuk mematikannya,
  1. Buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Option
  2. Fokus ke sidebar kiri, pilih "Choose what the power buttons do"
  3. Hilangkan centang di "Turn on fast startup (Recommended), jika tidak bisa klik dulu "Change settings that are currently unavailable"
  4. Klik Save Changes
Done, silahkan coba di shutdown dan hidupkan kembali, pasti penghitung waktu komputer menyala sudah dimulai dari nol.

Admin pribadi tidak menyarankan mematikan fast startup karena banyak keuntungannya. Lebih baik menggunakan tips nomor 1 dan 2 untuk mengembalikan uptime counter dari awal. Toh angka yang ada di penghitung tsb tidak terlalu mempengaruhi performa.

Itulah Solusi Up Time Komputer Tidak Reset Setelah Dimatikan. Pertimbangkan baik baik sebelum memutuskan untuk disable fast startup. Windows 10 sendiri merekomendasikan fitur ini karena memang sudah terbukti membuat booting cepat.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2019

KatoKotaK