Solusi Kuota Masih Ada tapi Tidak Bisa Internetan

Pernahkah anda mengalami kuota masih ada tapi tidak bisa internetan? Padahal seharusnya tersisa bergiga-giga paket data namun gagal membuka google, whatsapp ataupun facebook. Apakah hal ini disebabkan handphone rusak? Jaringan internet yang buruk?

Penyebab Ada Kuota tapi Tidak Bisa Internetan

Ada banyak faktor yang menyebabkan tidak dapat tersambung internet meskipun masih punya paketan. Yang paling sering terjadi adalah kuota utama telah habis. Tersisa kuota bonus yang hanya bisa digunakan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sekarang banyak banget jenis kuota, satu paket bahkan dibagi hingga lima kuota. Semua operator baik itu Telkomsel, Indosat Im3, Axis ataupun Tri menerapkan sistem ini. Memberikan bonus data puluhan giga dinilai sebagai salah satu strategi yang ampuh menarik pelanggan.

Contoh beli kartu perdana Tri Cinta di konter 80 ribu dapat 50 GB (masa aktif 30 hari). Hanya 6GB kuota utama dan 4GB kuota reguler bulanan yang bisa digunakan untuk membuka apapun dan kapanpun.

Sedangkan 20GB Kendo hanya untuk jam 01-06 dan 20GB lainnya adalah Kuota Weekend yang bisa digunakan pada hari Sabtu dan Minggu saja. Kuota sebanyak ini sering tidak terpakai karena batasan waktu penggunaan.

Misalkan dalam 2 minggu kuota utama dan reguler habis maka di 2 minggu selanjutnya kita tidak akan bisa internetan kecuali di Jam 01-06 dan Sabtu-Minggu. Inilah pentingnya memahami ketentuan paket internet lalu merencanakan penggunaan data selama sebulan.

Kalau tiba-tiba anda tidak dapat terhubung internet meskipun ada sisa kuota. Silahkan cek dulu, apakah itu kuota utama atau bonus. Jika itu bonus ya untuk menggunakannya harus sesuai syarat dan ketentuan.

Belakangan ini lebih memusingkan lagi setelah populernya kuota aplikasi yang bahkan dapat dibagi menjadi beberapa grup seperti Music, Streaming, Gaming, Chatting dan Social Media. Kuota aplikasi hanya bisa digunakan untuk aplikasi yang ditentukan saja. Contoh paket internetnya adalah Axis Owsem Unlimited Games.

Banyak yang bertanya "Bagaimana cara mengubah kuota aplikasi menjadi kuota utama?". Di luar sana mungkin ada trik yang dapat digunakan namun jelas itu illegal. Tidak disarankan melakukan metode seperti ini, jika ketahuan bisa saja nomormu akan diblokir.

Kalau yang tersisa kuota utama bukan bonus malam ataupun aplikasi? Ada beberapa hal yang kemungkinan jadi penyebabnya, cek solusinya di bawah ini,

Belum Registrasi

Saat anda beli kartu perdana paket di konter, ada yang sudah diregistrasi dan ada pula yang belum. Jika belum maka tidak bisa internetan, kita harus mendaftarkan NIK/KK ke 4444 sesuai dengan ketentuan operator.

Inilah mengapa disarankan membeli paket internet itu pakai voucher atau pulsa. Jadi cukup punya satu kartu saja selama-lamanya. Simpel tidak menumpuk SIM card di rumah.

Masa Aktif Habis

Pernahkah anda beli voucher internet namun beberapa hari kemudian gagal online padahal seharusnya masih ada paketan. Hal ini mungkin saja dikarenakan kartu SIM masuk masa tenggang. Kuota pun tidak dapat dipakai.

Maintenance Jaringan

Operator kadang melakukan perawatan jaringan, saat ini terjadi sering ada gangguan seperti sinyal naik turun, lemot bahkan tidak dapat tersambung internet. Coba bertanyalah pada pengguna operator yang sama denganmu.

Jika jawabannya juga tidak bisa internetan, solusinya cuma satu yaitu menunggu proses maintenance beres. Tak ada salahnya bertanya di fanspage operatormu di FB/ Twitter untuk memastikan.

Gunakan VPN

Sering kali pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memblokir sebuah aplikasi atau web yang dinilai merugikan bangsa sebut saja situs 18+ dan illegal lainnya. Di 2019 ini bahkan sosial media populer seperti WA dan FB sempat diblokir sementara.

Silahkan coba untuk menginstall aplikasi VPN lalu konek ke salah satu server. Coba kembali masuk website yang tadi tidak dapat dikunjungi. Mungkin kali ini anda tersambung internet kembali.

Matikan 4G

Teknologi 4G LTE memang terbukti memiliki kecepatan internet yang lebih baik. Namun terkadang ada trouble yang membuat internet jadi lemot meskipun kuota masih banyak. Cobalah untuk mematikan 4G sehingga data menjadi WCDMA ataupun GSM.

Apakah bisa tersambung? Jika iya, lebih baik gunakan jaringan ini dulu. Cek secara berkala apakah 4G sudah kembali normal atau belum.

Selain beberapa hal di atas, mungkin anda salah melakukan pengaturan seperti mengaktifkan mode pesawat, menggunakan SIM Card yang salah, mematikan data mobile dll.

Itulah penjelasan tentang kuota masih ada tapi tidak bisa internetan beserta solusi untuk mengatasinya. Dapat disimpulkan bahwa masalah ini lebih sering disebabkan adanya pembagian kuota. Pengguna yang tidak membaca syarat dan ketentuan akan kebingungan menggunakan kuota bonus.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2019

KatoKotaK