Cara Memperkuat Sinyal Ninmedia Ku-Band

Ketika cuara mulai mendung, pasti kualitas sinyal siaran Ninmedia akan menurun dan mungkin menghilang saat hujan turun dengan derasnya. Terkadang setelah reda, siaran belum kembali seperti semula. Bagaimana cara memperkuat sinyal Ninmedia?

Fenomena ini sering disebut dengan istilah "Rain Fade". Siaran satelit jalur Ku-band lain juga rentan terhadap curah hujan tinggi. Tidak heran di Indonesia lebih banyak pengguna C-band yang dirasa lebih kuat menghadapi turunnya hujan.

Mengapa Sinyal Menghilang Saat Turun Hujan?

Dikutip dari situs howitworksdaily.com, siaran TV melalui satelit menggunakan frekuensi EM dalam rentang gelombang mikro yang sangat mudah diserap oleh air. Hujan terbukti dapat menurunkan kekuatan sinyal.

Awan terbentuk dari uap air yang kemudian mengalami kondensasi menjadi menjadi air. Inilah mengapa adanya awan hitam juga bisa mengurangi kualitas sinyal yang ditangkap oleh parabola, hasilnya siaran Ninmedia kadang menghilang.

Tak hanya siaran satelit, sinyal internet dari ISP, frekuensi UHF TV analog ataupu radio juga akan menurun saat turun hujan. Nyatanya hujan adalah fenomena alam yang tak bisa kita hindari, mau panggil pawang?

Cara Memperkuat Sinyal Ninmedia

Solusi terbaik yang harus dilakukan pengguna ku-band adalah memaksimalkan penangkap sinyal yang kita memiliki seperti parabola, LNB dan receiver. Berikut ini adalah cara mengatasi hilangnya sinyal Ninmedia,

1. Gunakan Dish yang Lebih Lebar

Banyak penonton setia Ninmedia yang hanya bermodalkan dish kecil bekas payTV. Parabola berdiamater 45cm memang cukup untuk menangkap sinyal saat cuaca cerah namun agar lebil stabil di saat hujan wajib menggunakan dish ukuran > 80cm.

Mengganti dish memang bukan pilihan yang mudah, apalagi jika baru memakainya beberapa bulan. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah modifikasi dish mini dengan sayap tambahan. Tutorial dapat dipelajari melalui Youtube.

2. Maksimalkan Kualitas Sinyal

Kita semua pasti akan berhenti pointing dish jika siaran sudah bening padahal jika niat mungkin kualitas sinyal bisa dinaikin lagi. Nah apabila kualitas sinyal Ninmedia kalian menghilang saat hujan, cobalah untuk memaksimalkan tangkapan sinyal.

Caranya dengan mengeser parabola perlahan ke kanan kiri atas bawah sambil terus cek perubahan di pengaturan receiver. Beda sedikit saja pasti hasilnya beda, berhentilah setelah mendapatkan kualitas sinyal terbaik.

Gunakan aplikasi pencari arah parabola seperti Satfinder atau Satellite Director untuk mendapatkan arah satelit yang akurat. Aplikasi android ini menggunakan perhitungan lokasi kita dari GPS dan bujur orbit satelit, data yang digunakan adalah Azimuth, Elevasi dan LNB Skew. Atur penangkap sinyal anda sesuai dengan data tersebut.

3. Bersihkan Alat Tempur Anda

Walaupun dish solid tidak mudah rusak namun lama-kelamaan bisa kotor juga. Pastikan tidak ada debu mengerak atau lumut yang menempel di permukaannya. Cek juga kabel dan LNB apakah ada bagian yang berkarat.

Selanjutnya cek arah parabola, pastikan tidak ada cabang dan daun pohon sekitar rumah yang tumbuh menghalangi. Kunci mendapatkan sinyal Ninmedia yang maksimal adalah dish harus menghadap langsung ke langit tanpa ada penghalang.

4. Gunakan LNB Tahan Cuaca

Belakangan banyak pedagang menjanjikan LNB Ku-band yang tahan cuaca. Ini tidak sepenuhnya benar, LNB seperti ini memiliki kemampuan menangkap sinyal yang lebih baik, bukan tidak terpengaruh hujan. Sebaiknya tutup LNB anda dengan botol plastik untuk mencegah cipratan air masuk ke konektor.

Baca juga: Alasan Mengapa Channel Ninmedia Tiba-Tiba Menghilang

Solusi terakhir jika daerah tempat tinggal anda pelit sinyal Ku-Band tak ada salahnya beralih ke siaran satelit C-Band. Biaya instalasi mungkin lebih mahal namun dijamin tidak akan no signal saat hujan deras.

Mungkin itu dulu Cara Memperkuat Sinyal Ninmedia supaya lebih tahan terhadap curah hujan. Jika hujan terlalu lebat apalagi disertai petir sebaiknya berhentilah nonton televisi. Hal ini dilakukan untuk menghindari terkena sambaran petir yang dapat merusak receiver.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2019

KatoKotaK