Ukuran KTP di Word dalam Inch, Pixel, MM dan CM

Sebelumnya kotakatok.com sudah berbagi tentang mencetak gambar ukuran besar di Excel, kali ini yang akan dibahas adalah cara print KTP bolak balik di word. Kalau sekedar cetak saja pasti sangat mudah. Namun jika ingin gambar sisi depan tepat pada sisi sebaliknya, kita harus men-setting dengan ukuran ktp di word yang pas.

Yang harus disiapkan sebelumnya adalah file gambar Kartu Tanda Penduduk anda. Untuk hasil terbaik bisa men-scan KTP jadi nanti bisa jelas hingga huruf huruf kecil. Alternatif lain bisa dengan memfoto KTP dari atas, handphone jaman now pasti sudah bisa menghasilkan gambar yang jelas (jangan nyalakan flash).

Berapa Ukuran KTP di Word?

Supaya hasil print nantinya sebesar Kartu Tanda Penduduk yang asli, pertama kita harus mengetahui berapa sih panjang dan lebar kartu yang katanya punya banyak fungsi ini.

e-KTP milik warga negara Indonesia dibuat berdasarkan ISO 7810 (ID-1).
  • dalam mm 85,60 x 53.98
  • dalam cm 8,56 x 5,398
  • dalam inch 2,12 x 3,38
Jadi nanti di Word kita akan menggunakan ukuran di atas untuk ukuran sehingga hasilnya bisa sama.Tidak percaya dengan pernyataan di atas? Boleh kok mengukur sendiri dengan penggaris.

Bagaimana ukuran KTP dalam pixel? Kita tinggal mengkonversi saja yaitu 323,527 x 204,018 pixel. Atau gampangnya cukup tulis 323 x 204 px. Saran jika ada satuan inch lebih baik pilih inch, lebih simpel dengan sedikit angka.

Cara Print KTP di Word

Software yang digunakan dalam tutorial ini adalah Word dari Office 365, untuk versi Microsoft Word lain (2007, 2010, 2013, 2016) kurang lebih sama. Ikuti tutorial dengan baik agar hasil print bisa sama bolak balik sesuai dengan yang asli.

1. Buka aplikasi Word

2. Masukkan foto depan KTP dengan Sisipkan (Insert) >> Gambar lalu cari dimana letak hasil scan.

3. Klik kanan gambar lalu pilih Ukuran dan Posisi...

4. Hilangkan centang di kunci aspek ratio kemudian Atur Tinggi 5,398 cm atau dibulatkan 5,4 cm dan Lebar 8,56 cm. Ingat ya jika Word anda disetting Inggris, gantikan koma dengan titik misal 1,2 inch jadi 1.2 inch.
Pilih ok, gambar pun akan berubah sesuai pengaturan ukuran.

5. Untuk mendapatkan hasil gambar yang mirip dengan fotocopy, kita bisa atur dulu format warna. Klik gambar sehingga muncul menu "Format", klik Warna dan pilih yang saturasinya 0 sehingga terlihat hitam putih. (skip langkah ini jika ingin cetak berwarna)

6. Klik gambar lalu Ctrl+C untuk meng-copy selanjutnya Ctrl+V untuk menyalin, lakukan hingga mendapatkankan 3-4 gambar. Berikan spasi di antara gambar sehingga tidak terlihat saling menumpuk.

7. Selanjutnya tinggal print seperti biasanya sampai kita mendapatkan kertas dengan cetakan sisi depan KTP.

8. Masukkan kembali kertas tersebut dalam POSISI TERBALIK

9. Masuk dalam word kembali, hapus semua gambar sisi depan KTP.

10. Masukkan gambar belakang ktp lalu ulangi langkah nomor 2-7 hingga terakhir didapatkan kertas dengan print ktp bolak balik.

Sebenarnya satu halaman A4 kalau dimaksimalkan bisa untuk 8 ktp sekaligus, caranya dengan mengatur margin sesempit mungkin. Cek tata letak (layout) >> margin, pilih narrow (sempit). Terakhir tinggal atur posisi gambar.

Itulah Ukuran KTP di Word sekaligus Cara Print Bolak Balik. Tutorial di atas cocok buat teman teman yang males ke tempat fotocopian dan ingin mencetak sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih banyak.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2020

KatoKotaK