Kenapa di K Vision Tidak Bisa Nonton Liga Dangdut

Sekitar seminggu yang lalu KatoKotaK membahas tentang program Indonesian Idol yang EKSKLUSIF di MNC Vision Network (K-Vision, MNC Vision, MNC Play, MeTube, Vision+ dan RCTI+).

Beberapa hari kemudian giliran Liga Dangdut Indonesia 2020 yang menghilang di MNC Vision Network. Alasannya adalah pembatasan hak siar. Hal ini jelas menarik perhatian para pengguna parabola di Indonesia. Terlihat sekali persaingan kedua Pay TV yang makin keras.

Kenapa di K Vision Tidak Bisa Nonton Liga Dangdut?

Seperti yang tertulis di layar televisi, alasan menghilangnya Liga Dangdut di MNC Vision dan K Vision dikarenakan mereka tidak punya hak siar atas siaran milik Indosiar tersebut. Di jam tayang Liga Dangdut, siaran Indosiar akan diisi oleh channel MNCTV.

Solusinya? Tenang kok EMTEK tidak sepelit MNC Group, Indosiar masih punya siaran FTA di Palapa D C-band. Cocok bagi anda pengguna K Vision Bromo C-band. Silahkan tambahkan frekuensi di bawah ini
  • 4131 H 12250 milik Emtek
  • 3835 H 7000 milik Surya Citra Media
Kebetulan satu satelit dengan K Vision C-band sehingga kalian tidak perlu menambah LNB ataupun mengubah arah parabola. Cukup tambahkan frekuensi tersebut lalu scan. Saat ini masih cling namun tidak menutup kemungkinan diacak juga.

Bagaimana dengan pengguna K Vision Ku-band yaitu Cartenz dan Garmedia? Errr, sayang agak sulit. Entah siaran Indosiar di Thaicom 4 masih cling atau tidak. Yang jelas banyak pengguna Ninmedia dan Nusantara HD/ TransVision yang bisa nonton Liga Dangdut. Layanan tersebut mengharuskan kita membeli receiver khusus, tidak bisa dengan receiver K Vision.

Cara terbaik menyaksikan kembali Liga Dangdut Indonesia 2020 di TV Digital Satellite adalah NEX Parabola. Alasannya karena sama-sama bernaung di bawah Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) bersama dengan Indosiar.

Andai perang antar Pay TV ini berlanjut, siaran di sini paling aman dan kecil kemungkinannya teracak. Di NEX Parabola juga tersedia siaran Indosiar dengan kualitas gambar High Definiton (HD) yang dijamin cling. Minusnya tidak bisa menyaksikan siaran EKSLUSIF dari MNC Vision Networks.

Alternatif lain yang paling murah adalah kembali memasang antena terestrial UHF anda. Nah bagi yang belum terjangkau, bisa dicoba mencari layanan streaming misal Vidio (semoga ada tayangan langsung). Sayangnya kita butuh kuota yang cukup banyak, apalagi Liga Dangdut yang tayang sekitar 4 jam.

Sejak eksklusifnya Indonesian Idol minggu lalu, banyak yang sudah memprediksi Liga Dangdut akan teracak di MNC Vision Networks. Persaingan antara EMTEK dan MNC Group sangat ketat, lihat saja pembagian hak siar Liga 1 Indonesia tahun ini.

Kabarnya EMTEK mendapatkan hak siar Liga 1 untuk Terestrial UHF di Indosiar dan Over-The-Top (OTT) di Vidio. Sedangkan MNC akan rencananya akan menayangkan di MNC Vision Networks, baik MNC Vision dan K-Vision. Selain itu ada siaran via IPTV melalui MNC Play. (info hak siar ini diambil dari kumparan).

Itulah alasan Kenapa di K Vision Tidak Bisa Nonton Liga Dangdut? Mudah-mudahan kedua belah pihak berbaikan dan mencapai kesepakatan. Kita rakyat kecil hanya ingin nonton TV Nasional dengan mudah tanpa harus gonta ganti receiver.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2020

KatoKotaK