Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital

Wacana transisi dari TV analog ke TV digital (DTV) sudah sering dibahas sejak tahun 2008. Menurut wikipedia kita sekarang berada di fase II dimana siaran analog masih aktif dan DTV simulcast. Kalau sesuai rencana fase III dimana analog dimatikan baru dimulai pada tahun 2025.

Saat ini masih dalam masa uji coba, jadi tidak heran apabila banyak daerah yang belum tercover. Untuk wilayah kota pasti dengan mudah dapat lebih dari 20 channel, sedangkan pelosok mungkin hanya 3-5 channel saja.

Semua TV Nasional sudah memulai siaran di digital sebut saja Indosiar, SCTV, O Channel, Metro TV, NET, Kompas TV, RTV dan masih banyak lagi. Konon katanya sekarang sudah ada 50 lebih channel di digital termasuk TV Daerah. Fakta di lapangan paling banyak dapat sekitar 20-30 channel (TVRI-nya buanyak).

Kenapa MNC Group Tidak ada di TV Digital

MNC Group memilik empat TV Nasional yaitu RCTI, MNCTV, GTV dan iNews. Anehnya di digital keempatnya tidak bisa ditemukan walaupun berkali kali scan, menaikkan dan memutar antena. Mungkinkah RCTI, TV Swasta Nasional pertama belum ada di digital?

Sebenarnya MNC Group sudah melakukan percobaan siaran digital namun sekarang menghilang. Hal ini terjadi sekitar awal 2016-an karena di 2015 masih banyak yang dapat channel MNC Group. Mungkin ada kendala yang sedang diperbaiki.

Dulu RCTI, Global TV dan MNCTV berada di kanal 24 / frekuensi 498000 Khz untuk wilayah Jabodetabek. Silahkan dicoba scan namun hasilnya pasti zonk! Gambar di bawah adalah promosi di tahun 2015 dari fanspage Facebook milik TVdigital.kominfo (sepertinya resmi namun editannya jelek banget).
KatoKotaK berusaha mencari berita tentang siaran digital RCTI namun gagal menemukan. Yang ketemu hanyalah keluhan dari netizen di sosial media dan blog, mereka kehilangan RCTI dkk sekitar awal 2016 atau akhir 2015.

Dari official fanspage ada jawaban,
Saat ini memang ada Stasiun Tv yang masih ada kalanya Off Air karena pada masa Trasnsisi ini masih banyak hal yang harus disempurnakan di penyiaran ,baik di lapangan mau pun kondisi di management stasiun Tv yang bersangkutan ,,,, namun dalam waktu yg tidak lama lagi akan kembali On Air ,,,,,,,,terimakasih untk info lebih lanjut Hub Call Center 1500 801
Saat ini sosialisasi dan promosi TV Digital dari Kominfo tidak segencar dulu, bahkan situs official https://tvdigital.kominfo.go.id tidak bisa diakses sejak tahun 2017. Begitu pula akun sosial media juga sudah tidak aktif sejak akhir 2015. Kalian bisa cek sendiri di facebook @TVdigital.kominfo, twitter @TVDigital_IDN, pinterest @TV digital Kominfo dan instagram @Kominfo_tvdigital.

Baca juga: Alternatif MNC Group Hilang di Ninmedia

Itulah alasan Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital. Bagi kalian yang terlanjur beli Set Top Box, kalau ingin nonton RCTI, MNCTV dan GTV silahkan menggunakan analog dulu. Di sana siaran masih aman walaupun GTV hilang di beberapa daerah. Belakangan MNC Media lebih fokus untuk siaran digital melalui satelit dan layanan streaming.
Show Comments

Halaman

Copyright © 2020

KatoKotaK