K Vision Intensitas Sinyal 60% Kualitas Sinyal 0

Sering kali saat instalasi parabola K-Vision, hasilnya intensitas sinyal 60% kualitas sinyal 0. Diotak atikpun hasilnya sama, kualitas sinyal tidak bergerak naik. Penyebabnya jelas bukan peralatan yang rusak karena hal ini juga sering terjadi pada pemula yang memasang parabola baru.

Dengan tangkapan sinyal tersebut, tidak akan ada satu pun channel yang bisa ditonton. Kualitas sinyal 0 menunjukkan bahwa parabola belum mendapatkan sinyal dari satelit target. Lebih sering terjadi pada instalasi parabola mini yang biasanya lock Measat 3a Ku-band.

Mengatasi K-Vision Intensitas Sinyal 60% Kualitas Sinyal 0

Jawaban dari masalah ini adalah tracking dish parabola ke arah dan pengaturan di receiver yang benar. Berikut ini adalah solusi yang dikumpulkan dari pengalaman narasumber di internet dan dunia nyata.

Tracking K-Vision

Bagi seorang pemula sebaiknya gunakan bantuan aplikasi pencari arah satelit seperti Satfinder/ Satellite Director. Aplikasi ini dapat mengarahkan dish parabola menuju satelit berdasarkan sudut Azimuth, Elevasi dan LNB skew.

Mengapa intensitas sinyal 60% kualitas sinyal 0 lebih sering terjadi pada pengguna parabola mini? Ukuran dish yang kecil mengharuskan kita setting parabola dengan arah yang benar-benar tepat. Geser sedikit saja pasti langsung loss signal.

Kesalahan paling umum bagi pemula yang ingin pasang parabola sendiri adalah tiang fokus yang tidak tegak lurus. Hasilnya meskipun arah sudah sesuai dengan aplikasi namun sinyal belum bisa dilock. Agar lebih memahami silahkan cek gambar di bawah ini,
Apabila pemasanganmu persis gambar di atas, sudut elevasi pasti salah meskipun arah satelit sudah benar. Ingat ya perhitungan elevasi di Satfinder dibuat dengan asumsi tiangnya tegak lurus. Istilah elevasi simpelnya adalah mendongaknya parabola.

Silahkan posisikan si tiang bengkok tegak lurus, kalian bisa mengunakan inclinometer atau waterpass untuk mengecek kemiringan. Setelah itu arahkan parabola ke satelit, atur sudut elevasi dan pasang LNB, konektor kabel hingga receiver.

Pengaturan Receiver

Masalah kualitas sinyal masih 0 sedangkan intensitas sudah 60% bisa terjadi pada pengguna receiver Bromo yang lock Measat 3a. Hal ini terjadi karena pengaturan di receiver yang ternyata diarahkan ke satelit Palapa D.

Ingat ya kalau ingin lock Palapa D jalur C-band, arah parabola dan pengaturan frekuensi di receiver juga harus ke Palapa D. Bahkan nomor frekuensi yang salah juga menyebabkan kualitas sinyal 0. Demikian juga dengan Measat 3a jalur Ku-band.
    Berikut ini pengaturan di receiver dengan asumsi hanya tracking K Vision saja dalam satu dish.

    C-band
    • Frek LNB 5150
    • DiSEcQ1.0 Disable
    • DiSEcQ1.1 Disable
    • 22k off
    • Scan Transponder satelit Palapa D 3600 V 31000
    Ku-band
    • Frek LNB 9750/10600
    • DiSEcQ1.0 Disable
    • DiSEcQ1.1 Disable
    • 22k off
    • Scan Transponder satelit Measat 3a 12396 H 31000 dan 12436 H 31000
    Pengaturan DiSEcQ hanya diaktifkan jika kalian menggunakan Switch atau DiSEcQ untuk >2 LNB misal Palapa D dan Telkom 3s. Pilih sesuai dengan port dimana LNB kalian sambungkan. Untuk Power LNB biasanya ON, Polarisasi Auto dan Motor Gerak tidak ada.

    Setelah itu seharusnya kualitas sinyal sudah mulai naik, tinggal perbaiki arah parabola. Geser perlahan ke kiri kanan atas dan bawah hingga memperoleh kualitas sinyal terbaik. Terakhir blind scan ke satelit K-Vision.

    Itulah Cara Mengatasi K Vision Intensitas Sinyal 60% Kualitas Sinyal 0. Banyak yang bilang bahwa angka 60% ini menunjukkan bahwa LNB dan kabel berfungsi baik namun belum menangkap sinyal saja. LNB dinilai rusak dan harus diganti apabila semua 0.
    Show Comments

    Halaman

    Copyright © 2020

    KatoKotaK